Laman

Senin, 10 Juni 2013

Misteri Jenglot dan Asal Usul Jenglot

Misteri Mumin - Misteri Jenglot dan Asal Usul Jenglot
Tulisan Misteri Jenglot dan Asal Usul Jenglot bermula dari rasa penasaran saya kepada makhluk kecil yang bernama jenglot (diberinama Jenglot).saya mengadakan tanya jawab kepada orang orang yang memilik jenglot atau orang yang pernah melihat jenglot dan pada orang yang sempat mendapat penjelasan mengenai jenglot dari orang yang pernah memiliki jenglot.saya juga mencari referensi di internet mengenai jenglot dan akan saya uraikan disini semua mengenai jenglot yang saya tahu dan yang saya dapatkan dari berbagai sumber.
untuk pertama saya akan share pembahasan jenglot yang saya dapat dari internet
Misteri Jenglot dan Asal Usul Jenglot
Jenglot adalah figur berbentuk manusia yang berukuran kecil (sekitar 10-17 cm), berkulit gelap dengan tekstur kasar (seperti mumi), berwajah seperti tengkorak dan bertaring mencuat, serta memiliki rambut dan kuku yang panjang. Jenglot ditemukan di beberapa wilayah di nusantara, misalnya Jawa, Kalimantan,dan Bali. Jenglot dipercaya memiliki kekuatan mistis dan memakan darah manusia. Masyarakat Indonesia meyakini jenglot sebagai makhluk yang memiliki kekuatan mistik dan dapat mengundang bencana.
Secara sosio realistis jenglot merupakan binatang yang sangat lambat dalam bergerak hingga tak mungkin dapat bertahan hidup lama, jenglot hidup di hutan belantara penuh dengan pohon raksasa tempat persembunyiannya. jenglot hanya mampu keluar dimalam hari karena tak ada binatang buas dan manusia yang akan mengganggunya dan menyebabkan kepunahan. Dan dalam mitos jenglot dianggap memiliki kesaktian/kekuatan mistis seumpama dewa wisnu dengan sakti garuda dan siwa dengan sakti lembu (sakti=wahana/kendaraan/wadah/istri) Secara medis, jenglot didefinisikan sebagai bukan makhluk hidup setelah diteliti oleh tim forensik Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Melalui foto sinar Rontgen, tidak ditemukan unsur tulang (sebagai penyangga organ mahluk hidup) namun hal yang mengejutkan justru diperoleh dari penelitian DNA lapisan kulit jenglot yang mengelupas.
Setelah diperiksa oleh Dokter Djaja Surya Atmaja dari Universitas Indonesia, ternyata lapisan kulit itu memiliki DNA mirip primata sejenis manusia. Akan tetapi, penyelidikan asal usul jenglot secara medis hanya dihentikan sampai di sana karena pemilik jenglot tidak mengizinkan jenglot dibedah, agar tidak ada hal buruk yang terjadi.
Legenda jenglot juga diangkat ke dunia hiburan, terutama untuk tema misteri dan supranatural. Film Indonesia berjudul Jenglot Pantai Selatan disutradarai oleh Rizal Mantovani, dirilis pada Februari 2011.
Sumber wikipedia





Apa jenglot bergerak? 
Jangan pernah berharap jenglot dapat bergerak, berjalan, berlari atau semacamnya. Menurut sumber sumber yang aku denger, mereka memang bergerak namun hanya gerakan gerakan kecil yang mungkin tidak akan kita sadari.
Jika ingin melihat gerakan-gerakan terserbut tentu saja kita harus menggunakan kamera tersembunyi, mengintai makhluk aneh tersebut 24 jam.

Jenglot adalah manusia?
Penelitian yang dilakukan Dokter Djaja Surya Atmaja, PhD, dari Universitas Indonesia menunjukkan bahwa contoh kulit Jenglot yang diperiksa memiliki karakteristik sebagai DNA (deoxyribosenucleic acid) manusia.
"Saya kaget menemui kenyataan ini," kata Djaja, doktor di bidang DNA forensik lulusan Kobe University, Jepang, 1995.
Namun Djaja menolak anggapan seolah ia mengakui Jenglot sebagai manusia. "Tapi sampel yang saya ambil dari Jenglot menunjukkan karakteristik manusia," katanya.

Adapun sampelnya berupa sayatan kulit Jenglot berukuran setengah luas kuku, yang mengelupas dari lengannya. Contoh kulit itulah yang kemudian ditelitinya di Laboratorium RSCM atas prakarsa dan biaya pribadi. Spesimen seirisan kulit bawang itu kemudian diekstraksi agar DNA-nya keluar dari inti sel. DNA merupakan material genetik berupa basa protein panjang yang membangun struktur kromosom.

Pada inti sel manusia terdapat 23 pasang kromosom. Masing-masing bisa dipenggal-penggal menjadi banyak lokus, satu unit yang membangun sifat bawaan tertentu. Djaja memeriksa DNA Jenglot pada lokus nomor D1S80 dari kromosom 1 dan HLA-DQA1 dari kromosom 5, serta lima lokus khusus lain dengan teknik PCR (polymerase chain reaction). Pemeriksaan HLA-DLA-DQA1 memberikan hasil positif. Artinya, spesimen Jenglot itu berasal dari keluarga primata -bisa monyet, bisa pula manusia. Namun dari penyelidikan atas lokus D1S80, Djaja mendapat kepastian bahwa sampel DNA itu berkarakteristik sama dengan manusia. Temuan mengejutkan itu diperkuat dengan kajian mesin PCR. "Hasilnya begitu, saya harus bilang apa," kata satu-satunya ahli DNA forensik Indonesia berusia 37 tahun itu. Sayangnya sang pemilik Jenglot tidak memperbolehkan para peneliti untuk mengotopsi benda tersebut lebih lanjut karena menganggap bahwa ia adalah mahluk hidup.

Apa Jenglot cuma terdapat di Indonesia?
Banyak yang mengatakan Jenglot asli dari Indonesia saja, namun banyak juga yang mengatakan Jenglot tidak hanya berasal dari Indonesia namun juga dari Malaysia dan Thailand.
Dan menurut sumber yang lain dan menurut pendapat pendapat yang saya ketahui dari orang orang yang pernah memiliki jenglot dan dari orang yang pernah mendapat penjelasan dari orang yang pernah memiliki jenglot dari dari sumber sumber yang lain akan saya bahas di postingan berikutnya.
Sekian Misteri Jenglot dan Asal Usul Jenglot.Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.
Baca juga:
Jenglot Tidak dirawat Dengan Baik Berbahayakah?
Misteri Jenglot dan Asal Usul Jenglot


38 komentar:

  1. klw boleh belajar dlu ilmu gaib biar qm tau apa sebenar'y jenglot dan dia ada pada masa apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau baca tulisan mbok jangan setengah setengah lah dan coba lihat tulisan yang lain,pendapat penulis blog ini bagus kok,dan lebih rasional.
      dalil juga ada,so masih mau gimana lagi?

      Hapus
    2. Bagaimana menurut anda ?

      Hapus
    3. sedikit pemahaman saya mengenai jenglot....konon dulu pda masa kerajaan mojopahit mataram ada orang yang mempelajari ilmu kebal yaitu karang yang konon katanya ilmu itu berfungsi sebagai ilmu kebal tubuh dan kehidupan abadi...saking lamanya mereka hidup dan karena proses alam jasad mereka mulai menyusut sesuai umur mereka dan masik utuh tapi ruh mereka yg sudah tidak ada..tapi dr fisik mereka tetap bisa tumbuh normal seperti rambut kuku dan taring gigi...dan salah satu ritual mereka untuk ilmu karang yaitu harus meminum darah segar!makanya pada saat ini kadang kita dengar jasad jenglot bila terkena tetesan darah maka akan terjadi hal2 yang tidak kita inginkan

      Hapus
    4. APAKAH JENGLOT ADA YG BESAR BGT..

      Hapus
  2. bagus banget tulisannya mas/mbak
    saya sangat suka ini.mohon izin buat dicopy ya

    BalasHapus
  3. jenglot itu buatan manusia apa bukan

    BalasHapus
  4. makhkuk yang langka rupanya ya ??
    seperti tahayul tapi nyata.

    BalasHapus
  5. jenglot nya kurang serem , jhahahahhaha

    BalasHapus
  6. Menurut ane sih jenglot itu semacam makhlug gaib masih dari golongan Jin, hidupnya sulit terdeteksi karena bergerak secara gaib, namun kalo mati, Jenglot meninggalkan jasadnya...cuma jenglot yang mati saja bisa terlihat....

    BalasHapus
  7. Menurut ane sih jenglot itu semacam makhlug gaib masih dari golongan Jin, hidupnya sulit terdeteksi karena bergerak secara gaib, namun kalo mati, Jenglot meninggalkan jasadnya...cuma jenglot yang mati saja bisa terlihat....

    BalasHapus
  8. buat semua yang komentar diatas@ saya ucapkan terima kasih saja deh,karena sulit juga saya balas satu persatu,yang jelas,jenglot itu makhluk ghaib,jadi sulit dibahas secara ilmiyah

    BalasHapus
  9. filmnya malah gk serem tpi malah isinya orang telanjang semua, sungguh menyedihkan :(

    BalasHapus
  10. Itulah kekayaan budaya indonesia, makanya indonesia itu dibilang 1001 budaya.thx

    BalasHapus
  11. Waduh... ane fikir ne blog tempat belajar bikin sambal Jengkol... Jiaaah... ngeri ah

    BalasHapus
  12. jenglot bleh dimakan. Daging yg sangat empuk, lezat dan nikmat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha... komen anda lucu banget sob

      Hapus
  13. jenglot bisa Kencing gak zaaa,,,,atau berak gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekalian tanya apa jenglot bisa cegukan habis minum darah wkwkwkwk :-)

      Hapus
    2. tanya jg apa jenglot bisa kentut .....iso ae bro :-)

      Hapus
  14. Wkwkwkwkwkk wantapppp chhheaaaaa

    BalasHapus
  15. Jenglot ini separuh haiwab dan separuh manusia, tak gitu????

    BalasHapus
  16. kalo menurut gua sih itu memang anak tuyul

    BalasHapus
  17. Membhas sesuatu yg ghaib itu memang perlu tp lbh penting.nya lg.....bwt nmbah wawasan..

    Mksh gan ...... cuakep maksimal

    BalasHapus
  18. kalo baca semua itu A- Z ada yg benar. Tapi ada yg dibesar2kan mana mungkin jengglot bisa dimainkan sama dokter. kalo tidak mengerti jangan bohong

    BalasHapus
  19. ada yg benar,ada yg bohong.mana ada jengglot bisa dilihat apa lagi untuk mainan dokter. jangan suka bohong

    BalasHapus
  20. benar adagak sihh jenglot itu????
    penasaran banget..
    pingin liad langsung,,,

    BalasHapus
  21. Konon katanya Jenglot itu berasl dari bangsa manusia yang sudah lama BERTAPA dan memiliki kekuatan gaib. Saking lamanya bertapa didalam hutan, sampai-sampai tubuhnya mengering dan mengecil dan bagian dari tubuhnya yang bisa bertahan hanyalah Kuku dan Rambutnya saja. Dan pada akhirnya berubah menjadi bangsa jin.





    (Dua Dunia Trans 7)

    BalasHapus
  22. menurut nenek sya(nenek sya di beritahu oleh nenekx,dan nenekx,nenekx,nenekx,dst..) jenglot itu jga manusia, tetapi manusia itu(muslim) tdk pernah sholat dan maulid nabi an. Akhirnya deh, tuh manusia brrubah jdi jenglot,seperti cerita tentang nabi Musa as. yg umatnya gk mau pergi masjidtan lalu berubah mnjadi kera. Itu aja yg bisa sya informasikan, percya gk prcaya itu trgantung anda...trimakasih

    BalasHapus
  23. weeee jenglotttttt pa jengkoll

    BalasHapus
  24. Klo jenglot di goreng kayak.a kriuk banget.....

    BalasHapus
  25. Itu cuma bikinan saja, klo makhluk gaib, jasadx g mungkin bisa nyata, apa beda dengan mahklug gaib lainnya. Klo kita nonton film seperti tukul jalan2, masih di dunia lain aja, katax klo nonton biasanya paranormal ngomong gini "ini dia dulux dibantai, dan sekarang dia mau cerita ke kita..bla..bla", itu saja yg agak rasional g kelihatan artinya, mereka yg sudah mati, kita g bisa lihat apalagi makhluk gaib. Jgn percaya, g ada dlm al-Quran dan as-Sunnah yg menjelaskan hal ini, cuma penjelasan radional kita, dan rasional kita itu g bener. Tolong jgn pake kata Dalil..

    BalasHapus
  26. Bego loe srmua !!!!

    BalasHapus