Laman

Senin, 10 Juni 2013

Misteri Jenglot dan Asal Usul Jenglot

Misteri Mumin - Misteri Jenglot dan Asal Usul Jenglot
Tulisan Misteri Jenglot dan Asal Usul Jenglot bermula dari rasa penasaran saya kepada makhluk kecil yang bernama jenglot (diberinama Jenglot).saya mengadakan tanya jawab kepada orang orang yang memilik jenglot atau orang yang pernah melihat jenglot dan pada orang yang sempat mendapat penjelasan mengenai jenglot dari orang yang pernah memiliki jenglot.saya juga mencari referensi di internet mengenai jenglot dan akan saya uraikan disini semua mengenai jenglot yang saya tahu dan yang saya dapatkan dari berbagai sumber.
untuk pertama saya akan share pembahasan jenglot yang saya dapat dari internet
Misteri Jenglot dan Asal Usul Jenglot
Jenglot adalah figur berbentuk manusia yang berukuran kecil (sekitar 10-17 cm), berkulit gelap dengan tekstur kasar (seperti mumi), berwajah seperti tengkorak dan bertaring mencuat, serta memiliki rambut dan kuku yang panjang. Jenglot ditemukan di beberapa wilayah di nusantara, misalnya Jawa, Kalimantan,dan Bali. Jenglot dipercaya memiliki kekuatan mistis dan memakan darah manusia. Masyarakat Indonesia meyakini jenglot sebagai makhluk yang memiliki kekuatan mistik dan dapat mengundang bencana.
Secara sosio realistis jenglot merupakan binatang yang sangat lambat dalam bergerak hingga tak mungkin dapat bertahan hidup lama, jenglot hidup di hutan belantara penuh dengan pohon raksasa tempat persembunyiannya. jenglot hanya mampu keluar dimalam hari karena tak ada binatang buas dan manusia yang akan mengganggunya dan menyebabkan kepunahan. Dan dalam mitos jenglot dianggap memiliki kesaktian/kekuatan mistis seumpama dewa wisnu dengan sakti garuda dan siwa dengan sakti lembu (sakti=wahana/kendaraan/wadah/istri) Secara medis, jenglot didefinisikan sebagai bukan makhluk hidup setelah diteliti oleh tim forensik Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Melalui foto sinar Rontgen, tidak ditemukan unsur tulang (sebagai penyangga organ mahluk hidup) namun hal yang mengejutkan justru diperoleh dari penelitian DNA lapisan kulit jenglot yang mengelupas.
Setelah diperiksa oleh Dokter Djaja Surya Atmaja dari Universitas Indonesia, ternyata lapisan kulit itu memiliki DNA mirip primata sejenis manusia. Akan tetapi, penyelidikan asal usul jenglot secara medis hanya dihentikan sampai di sana karena pemilik jenglot tidak mengizinkan jenglot dibedah, agar tidak ada hal buruk yang terjadi.
Legenda jenglot juga diangkat ke dunia hiburan, terutama untuk tema misteri dan supranatural. Film Indonesia berjudul Jenglot Pantai Selatan disutradarai oleh Rizal Mantovani, dirilis pada Februari 2011.
Sumber wikipedia





Apa jenglot bergerak? 
Jangan pernah berharap jenglot dapat bergerak, berjalan, berlari atau semacamnya. Menurut sumber sumber yang aku denger, mereka memang bergerak namun hanya gerakan gerakan kecil yang mungkin tidak akan kita sadari.
Jika ingin melihat gerakan-gerakan terserbut tentu saja kita harus menggunakan kamera tersembunyi, mengintai makhluk aneh tersebut 24 jam.

Jenglot adalah manusia?
Penelitian yang dilakukan Dokter Djaja Surya Atmaja, PhD, dari Universitas Indonesia menunjukkan bahwa contoh kulit Jenglot yang diperiksa memiliki karakteristik sebagai DNA (deoxyribosenucleic acid) manusia.
"Saya kaget menemui kenyataan ini," kata Djaja, doktor di bidang DNA forensik lulusan Kobe University, Jepang, 1995.
Namun Djaja menolak anggapan seolah ia mengakui Jenglot sebagai manusia. "Tapi sampel yang saya ambil dari Jenglot menunjukkan karakteristik manusia," katanya.

Adapun sampelnya berupa sayatan kulit Jenglot berukuran setengah luas kuku, yang mengelupas dari lengannya. Contoh kulit itulah yang kemudian ditelitinya di Laboratorium RSCM atas prakarsa dan biaya pribadi. Spesimen seirisan kulit bawang itu kemudian diekstraksi agar DNA-nya keluar dari inti sel. DNA merupakan material genetik berupa basa protein panjang yang membangun struktur kromosom.

Pada inti sel manusia terdapat 23 pasang kromosom. Masing-masing bisa dipenggal-penggal menjadi banyak lokus, satu unit yang membangun sifat bawaan tertentu. Djaja memeriksa DNA Jenglot pada lokus nomor D1S80 dari kromosom 1 dan HLA-DQA1 dari kromosom 5, serta lima lokus khusus lain dengan teknik PCR (polymerase chain reaction). Pemeriksaan HLA-DLA-DQA1 memberikan hasil positif. Artinya, spesimen Jenglot itu berasal dari keluarga primata -bisa monyet, bisa pula manusia. Namun dari penyelidikan atas lokus D1S80, Djaja mendapat kepastian bahwa sampel DNA itu berkarakteristik sama dengan manusia. Temuan mengejutkan itu diperkuat dengan kajian mesin PCR. "Hasilnya begitu, saya harus bilang apa," kata satu-satunya ahli DNA forensik Indonesia berusia 37 tahun itu. Sayangnya sang pemilik Jenglot tidak memperbolehkan para peneliti untuk mengotopsi benda tersebut lebih lanjut karena menganggap bahwa ia adalah mahluk hidup.

Apa Jenglot cuma terdapat di Indonesia?
Banyak yang mengatakan Jenglot asli dari Indonesia saja, namun banyak juga yang mengatakan Jenglot tidak hanya berasal dari Indonesia namun juga dari Malaysia dan Thailand.
Dan menurut sumber yang lain dan menurut pendapat pendapat yang saya ketahui dari orang orang yang pernah memiliki jenglot dan dari orang yang pernah mendapat penjelasan dari orang yang pernah memiliki jenglot dari dari sumber sumber yang lain akan saya bahas di postingan berikutnya.
Sekian Misteri Jenglot dan Asal Usul Jenglot.Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.
Baca juga:
Jenglot Tidak dirawat Dengan Baik Berbahayakah?
Misteri Jenglot dan Asal Usul Jenglot


123 komentar:

  1. klw boleh belajar dlu ilmu gaib biar qm tau apa sebenar'y jenglot dan dia ada pada masa apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau baca tulisan mbok jangan setengah setengah lah dan coba lihat tulisan yang lain,pendapat penulis blog ini bagus kok,dan lebih rasional.
      dalil juga ada,so masih mau gimana lagi?

      Hapus
    2. Bagaimana menurut anda ?

      Hapus
    3. sedikit pemahaman saya mengenai jenglot....konon dulu pda masa kerajaan mojopahit mataram ada orang yang mempelajari ilmu kebal yaitu karang yang konon katanya ilmu itu berfungsi sebagai ilmu kebal tubuh dan kehidupan abadi...saking lamanya mereka hidup dan karena proses alam jasad mereka mulai menyusut sesuai umur mereka dan masik utuh tapi ruh mereka yg sudah tidak ada..tapi dr fisik mereka tetap bisa tumbuh normal seperti rambut kuku dan taring gigi...dan salah satu ritual mereka untuk ilmu karang yaitu harus meminum darah segar!makanya pada saat ini kadang kita dengar jasad jenglot bila terkena tetesan darah maka akan terjadi hal2 yang tidak kita inginkan

      Hapus
    4. APAKAH JENGLOT ADA YG BESAR BGT..

      Hapus
    5. Nih ku ksh tau lg gan sdikit tentang jenglot , jenglot itu di saat mati lampu tidak ada cahayanya , dia akan tumbuh besar dia akan kembali jika ada cahaya

      Hapus
    6. Sangat mendebarkan bukan ? Jenglot memang sedikit memberikan nuansa misteri yang sulit terungkap

      Hapus
    7. Sepertinya masuk akal asal usul jenglot ini.. Thanks to admi atas pencerahannya..

      Hapus
    8. TENANE LO mosok

      Hapus
  2. bagus banget tulisannya mas/mbak
    saya sangat suka ini.mohon izin buat dicopy ya

    BalasHapus
  3. jenglot itu buatan manusia apa bukan

    BalasHapus
  4. makhkuk yang langka rupanya ya ??
    seperti tahayul tapi nyata.

    BalasHapus
  5. jenglot nya kurang serem , jhahahahhaha

    BalasHapus
  6. Menurut ane sih jenglot itu semacam makhlug gaib masih dari golongan Jin, hidupnya sulit terdeteksi karena bergerak secara gaib, namun kalo mati, Jenglot meninggalkan jasadnya...cuma jenglot yang mati saja bisa terlihat....

    BalasHapus
  7. Menurut ane sih jenglot itu semacam makhlug gaib masih dari golongan Jin, hidupnya sulit terdeteksi karena bergerak secara gaib, namun kalo mati, Jenglot meninggalkan jasadnya...cuma jenglot yang mati saja bisa terlihat....

    BalasHapus
  8. buat semua yang komentar diatas@ saya ucapkan terima kasih saja deh,karena sulit juga saya balas satu persatu,yang jelas,jenglot itu makhluk ghaib,jadi sulit dibahas secara ilmiyah

    BalasHapus
  9. filmnya malah gk serem tpi malah isinya orang telanjang semua, sungguh menyedihkan :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya begitulah film horor indo... isinya ajang pamer aurat... tapi asik juga d tonton hahahaha

      Hapus
  10. Itulah kekayaan budaya indonesia, makanya indonesia itu dibilang 1001 budaya.thx

    BalasHapus
  11. Waduh... ane fikir ne blog tempat belajar bikin sambal Jengkol... Jiaaah... ngeri ah

    BalasHapus
  12. jenglot bleh dimakan. Daging yg sangat empuk, lezat dan nikmat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha... komen anda lucu banget sob

      Hapus
  13. jenglot bisa Kencing gak zaaa,,,,atau berak gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekalian tanya apa jenglot bisa cegukan habis minum darah wkwkwkwk :-)

      Hapus
    2. tanya jg apa jenglot bisa kentut .....iso ae bro :-)

      Hapus
  14. Wkwkwkwkwkk wantapppp chhheaaaaa

    BalasHapus
  15. Jenglot ini separuh haiwab dan separuh manusia, tak gitu????

    BalasHapus
  16. kalo menurut gua sih itu memang anak tuyul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masak tuyul yang kecil(anak anak) punya anak :v

      Hapus
  17. Membhas sesuatu yg ghaib itu memang perlu tp lbh penting.nya lg.....bwt nmbah wawasan..

    Mksh gan ...... cuakep maksimal

    BalasHapus
  18. kalo baca semua itu A- Z ada yg benar. Tapi ada yg dibesar2kan mana mungkin jengglot bisa dimainkan sama dokter. kalo tidak mengerti jangan bohong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu maksud penulis di teliti.... Di dunia kedokteran meneliti apa yg tidak mungkin itu tantangan. Bukan di mainkan. Hadeh

      Hapus
  19. ada yg benar,ada yg bohong.mana ada jengglot bisa dilihat apa lagi untuk mainan dokter. jangan suka bohong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini malah gk tau apa2 kayaknya,,, tuh lihat berita atau nanya' dulu sana sini,,ok gan ?

      Hapus
  20. benar adagak sihh jenglot itu????
    penasaran banget..
    pingin liad langsung,,,

    BalasHapus
  21. Konon katanya Jenglot itu berasl dari bangsa manusia yang sudah lama BERTAPA dan memiliki kekuatan gaib. Saking lamanya bertapa didalam hutan, sampai-sampai tubuhnya mengering dan mengecil dan bagian dari tubuhnya yang bisa bertahan hanyalah Kuku dan Rambutnya saja. Dan pada akhirnya berubah menjadi bangsa jin.





    (Dua Dunia Trans 7)

    BalasHapus
  22. menurut nenek sya(nenek sya di beritahu oleh nenekx,dan nenekx,nenekx,nenekx,dst..) jenglot itu jga manusia, tetapi manusia itu(muslim) tdk pernah sholat dan maulid nabi an. Akhirnya deh, tuh manusia brrubah jdi jenglot,seperti cerita tentang nabi Musa as. yg umatnya gk mau pergi masjidtan lalu berubah mnjadi kera. Itu aja yg bisa sya informasikan, percya gk prcaya itu trgantung anda...trimakasih

    BalasHapus
  23. weeee jenglotttttt pa jengkoll

    BalasHapus
  24. Klo jenglot di goreng kayak.a kriuk banget.....

    BalasHapus
  25. Itu cuma bikinan saja, klo makhluk gaib, jasadx g mungkin bisa nyata, apa beda dengan mahklug gaib lainnya. Klo kita nonton film seperti tukul jalan2, masih di dunia lain aja, katax klo nonton biasanya paranormal ngomong gini "ini dia dulux dibantai, dan sekarang dia mau cerita ke kita..bla..bla", itu saja yg agak rasional g kelihatan artinya, mereka yg sudah mati, kita g bisa lihat apalagi makhluk gaib. Jgn percaya, g ada dlm al-Quran dan as-Sunnah yg menjelaskan hal ini, cuma penjelasan radional kita, dan rasional kita itu g bener. Tolong jgn pake kata Dalil..

    BalasHapus
    Balasan
    1. blajar dlu ilmu gaib bru ngomong boss,....klu gk tau gk ush ngomong

      Hapus
    2. blajar dlu deh memahami bru blh ngomong boss !!
      klu gk tau gk ush ngomong

      Hapus
    3. Komen lu aja ga jelas dul!! ga ada yg ngerti sma bahasa lu...

      Hapus
  26. Bego loe srmua !!!!

    BalasHapus
  27. kalo jenglot mati, jadi apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang bisa mati ada yang tidak karena memang jenglot itu Jin

      Hapus
    2. jadi setan meren hahahhaha

      Hapus
  28. Kajian yg bagus sob....
    Allahuaklammmm...

    BalasHapus
  29. menarik.. salam kenal semuanya

    BalasHapus
  30. komplakkkkkk wkwkwkw

    BalasHapus
  31. Saya memiliki jenglot yg baru saya liat 2 kali.
    Mohon diberi penjelasan bagi yang mengetahui bukan mengambil opini dari internet/blog lain atau hanya sekedar katanya?
    Pertanyaan saya :
    Apakah perbedaan jenglot dan Bk.
    Kenapa ada yang bertaring ada juga tidak.
    Bagaimana membuat jenglot itu menjadi muslim dalam artian menyempurnakan dia.
    --
    Trima kasih untuk yang bisa menjawab pertanyaan saya.Smoga Gusti Allah memberkati kita semua.

    BalasHapus
  32. Jangan mengaitkan Jenglot dengan menurut pendapat ajaran Islam, karena jenglot ini, audah di percaya ada, semenjak agama Islam belum masuk, waridan ini ditujukan kepada orang" yg percaya saja kepada hal" yg seperti ini, bagi yg muslim mengatakan orang yg syirik,, tapi, ini kembali kepada diri Anda sendiri dalam hal menanggapinya,, dan saya sendiri, menggangap ini hal yg biasa, apalagi dengan kebudayaan 1001 budaya yg ada di Indonesia, Hal yg sperti ini bukanlah hal yg tabuh,,lagi dalam masyarakat. Sekian dan thank you

    BalasHapus
  33. jonglot jelmaan sesahap jangan di pelihara

    BalasHapus
  34. Gak ada yang gaib lah... Mahluk ini mungkin salah satu mahluk yang belum di fahami karakteristiknya... Masih banyak lagi keragaman mahluk lain di planet bumi ini... Kebanyakan disembunyikan faktanya hanya karena keberadaan mereka dapat meruntuhkan kepercayaan masyarakat kepada agama... Sebagai contoh adalah mahluk yang disebut "Putri Duyung" pernah ditayangkan oleh Animal Planet dengan beberapa video bukti keberadaan mereka di laut... Semua fakta itu diingkari karena berpotensi meruntuhkan kepercayaan masyarakat kepada agama... Itu baru mahluk di planet bumi, belum lagi kalau ketemu peradaban lain yang lebih maju di planet lain..

    BalasHapus
  35. Ane punya satu gan. cuma gak ane urusin jenglot tuh. buat apa juga..

    BalasHapus
  36. jenis kelamin jenglot tu ap

    BalasHapus
  37. Rhyo van voor jgn sambungkan hal gaib dgn al qur'an cz gak akan ada bro jadi klo kmu gk percaya gaib jangan ikut komen ok apalagi di kaitin hal yg rasional

    BalasHapus
  38. masih bingung tentang jenglot :o + kepo :D

    BalasHapus
  39. jenglot adlh kategori jin gol 1, yg biasa disebut al-jan. Jenglot jga berkoloni sama halnya manusia, biasanya tinggal ditmpat yg lembab sperti goa, hutan dan batu karang pada pesisir pantai. Kenapa jenglot dapat kealam fana/semesta? Karena jenglot memiliki 2 tubuh, pertama tubuh astral. Dan yang ke-2 jasad kasar. jenglot yg sering kita liat itu sebenarnya tidak mati. Didalam jasad kasarnya mash trsimpan khodam jenglot aslinya, hanya saja energynya lemah shngga tak mampu menembus portal ghaib untk kembali kealamnya. Jenglot meminum darah, baik hewan maupun manusia, nah karena jenglot tak dpat brtahan lama di dunia kita, ketika waktu yg ditentukan sijenglot tidak kembali ke alam mereka, maka ia akan terperangkap didunia kita selama-lamanya dgn wujud jasad kasarnya itu, dan tk dapat bergerak lincah seperti sedia kala.

    BalasHapus
  40. klo bli kisaran brpa ya.....

    BalasHapus
  41. terima kasih atas info nya gan

    BalasHapus
  42. jenglot itu engga si terima di surga sam neraka ya

    BalasHapus
  43. jenglot kalo di kasih dara apa yang terjadi sob

    BalasHapus
  44. jenglot kalo di kasih dara apa yang terjadi sob?

    BalasHapus
  45. Ngeri amat ya tu jenglot bentuknya

    BalasHapus
  46. sy belum pernah liat langsung bagaimana jenglot sebenarnya...tp sy suka itu...betul-betul...kalo ada yang bertanya, jenglot mati jadi apa...maka jawab saja jenglot mati jadi coklat...hee...heee



    BalasHapus
  47. Jengglot bisa berkembang biak gak!

    BalasHapus
  48. Allahualam

    mampir disni nih www.pateron.blogspot.com

    BalasHapus
  49. Jenglot itu sejenis hewan,yg bentuk ny mirip manusia,tp kecil,atau bisa juga boneka ny anak2 jaman keraja'an,,itu menurut prediksi sy.

    BalasHapus
  50. Jenglot=kaya JENGkol tapi rada aLOT

    BalasHapus
  51. SEBUAH KESYIRIKAN

    BalasHapus
  52. jenglot itu gaib, tp klo tidak percaya gaib boleh" aja..
    Allah adalah maha gaib, apa bila tidak mengenal gaib dan tidak percaya gaib, berarti tidak mengenal dan tidak percaya Allah.. simple.

    BalasHapus
  53. Yg saya pernah denger ceritanya , jenglot itu ada dan memang berilmu . jenglot itu gunderuwo. Soalnya dlu di dkt rmh ada tetangga anak nya sakit2 an setelah di telusuri oleh ustad di temukan lah jenglot yg membuat anak itu sakit2an

    BalasHapus
  54. jenglot ndobos..

    BalasHapus
  55. Serem jga ya...😟😟😟😟😟

    BalasHapus
  56. Dicari Fast Respon...
    Jenglot yang masih hidup
    Hub: Arief Budiman.
    58433b21

    BalasHapus
  57. Itu mnurut ilmu kedokteran,klo mnurut paranormal gmn cb saya pengen tau pnjlsany?

    BalasHapus
  58. Itu mnurut ilmu kedokteran,klo mnurut paranormal gmn cb saya pengen tau pnjlsany?

    BalasHapus
  59. Tapi cowok cowok sekarang gak suka pake jenglot? Kenapa?

    BalasHapus
  60. Tapi cowok cowok sekarang gak suka pakai jenglot kenapa? Apa karena udah banyak silet cukur?

    BalasHapus
  61. Waahh. Tuh jengkol eh jenglot .. aneh juga.. hiii serem

    BalasHapus
  62. Gw sih pernah liat ama sentuh jengglot waktu di gorontalo...Pertanyaannya apabila orang bule mengamalkan ilmu keabadian seperti tertulis diatas, apakah si bule bisa jadi jengglot?

    Kalo nonton yg di Tv-Tv tentang uji nyali bikin males, alasannya gw ga pernah liat peserta orang bule asli kesurupan trus bisa ngomong bahasa sunda ato jawa. Kalo memang lancar bahasanya, baru gw percaya bahwa stasiun tv itu menyajikan acara yang 100% berguna...

    Thanks buat empu blog ini atas wawasannya

    BalasHapus
  63. saya googling nyari hasil foto rontgen jenglot kok gak ada.
    menurut saya, hanya orang bodoh saja yg percaya jenglot itu berasal dr manusia.
    dr bentuknya aja udah jelas. sama sekali tdk menunjukkan struktur tubuh manusia yg semestinya.
    yg namanya fosil tikus curut aja kalo di rontgen msh menampakkan struktur tubuh tikus curut.
    ayo...siapa yg bisa menunjukkan foto rontgen jenglot ???
    hahaha.....
    hari gini..masih aja mau dikadalin ama dukun...

    BalasHapus
  64. Masukkan komentar Anda...klw emang bener jenglot tu sosok makhluk
    hanya orang bego yg mau mlihara tu jenglot, bakalan banyak madharatnya ktimbang manaatnya,, buktinya makanannya aj darah manusia
    sekedar pengetahuan boleh, memepercayainya jangan....! apalagi mengimaninya BAHAYA

    BalasHapus
  65. Buat ospek tentang jenglot. Hihiiii

    BalasHapus
  66. Wkwkw ini buka blog jelasi itu gan tapi ngejelasin tentang kulit kenyal kurma versi manusia kerdil wkwkwk

    BalasHapus
  67. Haha ini blog bukan jelasin sambel jengkol tapi jelasin tntang kulit kenyal kurma vesri manusia kerdil

    BalasHapus
  68. Aku dulu sewaktu aku kecil pernah menemukan barang seperti boneka besarnya kurang lebih tinggi antara 10 sampek 15 cm. nyampek rumah aku cuci aku bersihakan dengan sikat gigi. ternyata benar memang boneka antik menurutku waktu itu. juga ada rambutnya tebal , ada kaki tangan, kepala ya seperti manusia cuman kecil,. terus malem hari aku sekitar jam 2 malem di datangi orang yang tidak aku kenal intinya mengucapkan terima kasih telah merawat nya. Aku tanya siapa yang merawat , rumahmu mana, kamu siapa aku merasa dak kenal kamu. dia jawab lagi ** aku yang kamu bersihkan tadi . aku berada di depanmu **** ternyata boneka yang aku cuci itu . besuknya aku tanya mbahku boneka itu aku tunjukkan kepada mbahku aku malah di marahi sama embah. itu boneka hidup agar untuk di kembalikan besuknya lagi dak aku kembalikan malah aku penasaran tak cermati dan tak amati dari ujung kakinya sampek ujung rambutnya aku teliti. ternyata setelah aku dirikan dengan aku pegang rambutnya jadi lebih panjang dari ukuran semula melebihi badannya. hari ke Tiga aku gak tidur lagi cuman untuk mengamati dan mencermati belajar aku ajak ngomong ternayata bisa membalas apa yang aku maksud. Barang itu sekara sudah aku tanam kembali ke makom eyang aku . itu sekilas cerita yang pernah aku lamti dengan keberadaan jenglot menurut orang2 pintar.

    BalasHapus
  69. Nak tengok jenggot.. cak bukak postingan aku di facebook..
    Sarwanda zakaria..
    Jenggot yg ditemukan di sabah malaysia..

    BalasHapus
  70. Nak tengok jenggot.. cak bukak postingan aku di facebook..
    Sarwanda zakaria..
    Jenggot yg ditemukan di sabah malaysia..

    BalasHapus
  71. Nak tengok jenggot.. cak bukak postingan aku di facebook..
    Sarwanda zakaria..
    Jenggot yg ditemukan di sabah malaysia..

    BalasHapus
  72. Masih penasaran dengan jenglot.. kelihatan benda mati tpi kuku,gigi dan rambutnya bisa memanjang aneh juga ya

    BalasHapus
  73. Masih penasaran dengan jenglot.. kelihatan benda mati tpi kuku,gigi dan rambutnya bisa memanjang aneh juga ya

    BalasHapus
  74. Jenglot memiliki kekuatan seumpama dewa wisnu? Bego banget!

    BalasHapus
  75. jenglot itu ada dimana mana dideket rumah anda juga ada jika kalian bisa peka dan menariknya

    BalasHapus
  76. Jenglot pernah ada di Thailand dan Malaysia? Itu bisa dijelaskan di kota mana? Thx sblumnya

    BalasHapus
  77. Enak kali ya kalo dijadiin lalapan? Xixixi

    BalasHapus
  78. Pesen jenglot nya 1 porsi bang.. goreng kering yaa.. Minumnya teh anget.. :v

    BalasHapus
  79. jengglot peninggalan prasejarah manusia pada zaman masehi (pra sejarah)

    BalasHapus
  80. jengglot adalah peninggalan manusia prasejarah pada zaman masehi..

    BalasHapus
  81. jengglot adalah peninggalan manusia prasejarah pada zaman masehi..

    BalasHapus
  82. jengglot peninggalan prasejarah manusia pada zaman masehi (pra sejarah)

    BalasHapus
  83. Jengglot kan yg di dagu itu to.....????

    BalasHapus
  84. Buat SAUDARAKU yang berada di manapun Yang Butuh Modal Usaha Atau Punya Utang
    Banyak,Minat Lewat Pesugihan Tanpa Tumbal Di jamin Aman Dunia Akhirat (Halal)
    ,telpon saja AKi Sholeh Pati.
    ((( PESUGIHAN PUTIH UANG NYATA DARI ALAM GAIB DAN
    NIKAH SIRIH WANITA/PERIA CANTIK/GANTENG JIN MUSLIM)))
    Pengajar: Ki Soleh Pati.
    Hp. 0852-1905-3025
    alamat: Pesantren al-hikmah
    Besuki-situbondo-jawa timur.
    Jika anda mau ritual
    dirumah tanpa datang kepesantren.
    —PESUGIHAN PUTIH DANA BAROKAH.AMAN DUNIA AKHIRAT TANPA TUMBAL.
    Cukup
    anda menyembelih hewan kambing sbg sesajen putih.anda akan dibawakan uang
    melimpah sama jin muslim.
    -NIKAH SIRIH SAMA WANITA/PERIA MENAWAN SAMA JIN
    MUSLIM.
    Dengan menikahi jin muslim anda akan dibantu mencari perantara uang
    cepat kilat dan jin ini bisa berubah wujud sesuai yang diinginkan sang
    suami/istri bisa seperti artis idola.satu hal yang perlu saudaraku ketahui bahwa Aki soleh PATI juga mempunyai kelebihan yang sangat sangat pantastik,yaitu bisa membuat orang yang kita tempati pinjam uang trsebut,tidak menagih hutang ke kita seolah olah beliau tidak mengingat meskipun beliau dalam keadaaan sulit,seakan akan beliau melupakan apa yang perna beliau pinjamkan ke kita.
    SYARAT SEBAGAI BERIKUT:
    BERJANJI BAHWA TIADA TUHAN SELAIN ALLAH,NABI MUHAMMAD UTUSAN ALLAH.
    BERJANJI AKAN MEMULAI HIDUP YANG BARU BERJALAN KE JALAN YANG BENAR,
    BERLUTUT DAN MEYEMBAH KEPADA ALLAH SWT.
    "Allahumma inni a'udzubika minal hammi wal hazani wa a'udzubika minal 'ajzi wal kasali wa a'udzubika minal jubni wal bukhli wa a'udzubika min ghalabatiddaini wa qahrirrijali"

    "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan manusia." Kata Abu Umamah radhiyallahu 'anhu: "Setelah membaca do'a tersebut, Allah berkenan menghilangkan kebingunganku dan membayarkan lunas semua hutangku." (HR Abu Dawud 4/353)

    PERINGATAAN: AKI SHOLEH PATI tidak menerima pemberian mahar imbalan ataupun berbentuk sesustu.anda cuama membeli minyak Apel/Tukhafatun Al Jin dengan harga 800 ribu saja.karna minyak tersebut dijual adanya di Negri Yaman/Arab Saudi. WASALAM...HJ.IRMA.
    -------------------------------------------------------------

    BalasHapus
  85. Suka bgt nih yg namanya misteri, seperti hidup, tak akan ada yg tahu, tpi klw saya boleh mengatakan..di dunia semuanya tdk akan ada yg tak mungkin, bilamana Allah SWT sdh mengatakan qun fayaqun..jangankan jenglot, sblm manusia iblis/setan lebih dahulu di ciptakan, jdi kemungkinan jenglot sdh ada sblm manusia ada..

    BalasHapus
  86. adakah kajian tentang leak bali?

    BalasHapus
  87. Jangan percaya sama jenglot.... Kalau percaya sama jenglot dia boker loe makan tainya.

    BalasHapus
  88. Jangan percaya sama jenglot.... Kalau percaya sama jenglot dia boker loe makan tainya.

    BalasHapus
  89. Sebaeknya kita Jangan Terlalu Percaya Dengan Hal Semacam Itu

    BalasHapus
  90. Jenglot menurut saya jasad manusia yang tidak di terima di bumi karena mempelajari ilmu hitam yaitu rawa rontek / pancasona . mereka ga akan mati bahkan sampai kiamat tubuh mereka akan utuh ditolak di bumi , bahkan belanda pernah menulis buku tentang org yg punya ilmu tersebut membuat mereka kwalahan melawannya wong ga bisa di tembak , di bacok badannya nyambung lagi , kecuali di penggal tubuhnya di pisahkan melewati sungai di gantung jgn sampai nyentuh tanah , klo nyetuh tanah badannya nyatu lagi dan hidup lagi , jenglot sebenernya tanpa ruh alias udah mati hanya saja ga diterima di bumi , Zaman dahalu ilmu itu banyak di pakai jawara jawa untuk bertarung mempertahankan diri melawan penjajah , zaman sekarang udah ga berguna toh udah ada hukum . jadi manusia cerdas lah , jangan karena bangga dan sombong dengan ilmu sesaat sebaliknya mempertaruhkan diri terjerat neraka . Hidup pilihan ..

    BalasHapus